Jasa Big Data dalam Strategi Pemasaran

Telah menjadi perbincangan banyak kalangan bahwa Analisis yang dihasilkan oleh perusahaan Jasa big data memilik peran begitu penting dalam proses strategi pemasaran sebuah brand saat ini.

80 % Peran Big Data dalam Strategi pemasaran

Dapat dikatakan bahwa saat ini hampir 80% Big data berperan dalam strategi penentuan pemasaran yang tentunya diharapkan dapat memberikan Return of Investment mendekati 95% budget pemasaran yang diluncurkan . sebagaimana dikatakan Gunawan Susanto, presiden director IBM Indonesia dalam Daily social, Kemampuan internet menyimpan dan mentransfer miliaran informasi yang dimiliki oleh semua penggunanya, dapat memberikan profil personal tentang orang-orang tersebut, atau dikenal dengan istilah ‘big data’.  Dalam dunia pemasaran, analisis big data ini dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan internet. Mulai dari berbelanja online, menelusuri berita pada media online, hingga berkomunikasi melalui media sosial.

“Perubahan generasi X, Y, dan Z sebagai konsumen, ternyata sejalan dengan perubahan mereka dalam membuat keputusan untuk membeli sebuah produk. Sebagai pemasar, kita dapat memanfaatkan analisis big data untuk dapat memahami hal tersebut,” tuturnya saat memberikan presentasi mengenai “Understanding Big Data Analytics and Its Role for Marketing”, pada konferensi Social Media Week (SMW) Jakarta 2016, Kamis (25/02/2016), di The Hall, Senayan City.

Dari Ulasan tersebut, konsultanstrategi.com mencoba meramu beberapa metode pengumpulan data yang diantaranya disadur dari laman politikawave.com yang dapat memberikan insight bagi para peneliti data analyst

 

Net Sentiment (NS)

Net Sentiment (NS) adalah nilai bersih sentiment, yaitu pendapat atau perasaan dari konsumen yang dinyatakan di media sosial, terhadap suatu brand didalam dunia media sosial. Ada 2 (dua) cara penghitungan Net Sentiment (NS), yaitu:

NS 1 = Total mention yang positif + Total mention yang netral – Total mention yang negative

NS 2 = Total mention yang positif – Total mention yang negatif

Dengan demikian, angka untuk NS1 tentunya lebih besar daripada NS2. Pilihan cara penghitungan tergantung dari kebutuhan brand dalam mengukur Net Sentiment (NS). Setelah ditentukan metoda NS1 atau NS2, kemudian dibuatlah grafik yang menunjukan perubahan Net Sentiment (NS) tersebut dalam kurun waktu tertentu.

Net Brand Reputation (NBR)

Net Brand Reputation (NBR) adalah nilah bersih dari bilangan reputasi brand didalam media sosial. Nilai ini kurang lebih sama dengan Net Promoter Score (NPS). Cara penghitungan Net Brand Reputation (NBR) adalah sebagai berikut:

NBR = % Total mention yang positif – % Total mention yang negatif

Penghitungan Net Brand Reputation (NBR) bertujuan untuk menyederhanakan metoda pengukuran loyalitas konsumen terhadap suatu brand. Dengan adanya index ini maka kita bisa fokus kepada menaikan mention yang positif (disebut “promoter”) dan mengurangi mention yang negative (disebut “detractors”).

Brand Talkable Favourability (BTF)

Brand Talkable Favourability (BTF) adalah pengukuran percakapan suatu brand yang dianggap positif, netral dan negative. Beda antara Brand Talkable Favourability (BTF) dan Net Brand Reputation (NBR) adalah bahwa mention yang netral dianggap baik, karena ikut membicarakan brand. Rumus dari Brand Talkable Favourability (BTF) adalah sebagai berikut:

BTF = (% Total mention yang positif + % Total mention yang netral) – % Total mention yang negatif

 

Earned Media Share of voice by Sentiment (EMSS)

Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS) konsepnya sama dengan Brand Talkable Favourability (BTF), tetapi diukur dalam konteks kategori suatu produk. Jadi, denominatornya tidak terbatas kepada percakapan satu brand saja, melainkan percakapan dari semua brand yang ada dalam kategori produk tersebut. Rumus dari Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS) adalah sebagai berikut:

EMSS = (% Total mention yang positif dari brand / % Total mention positif dari kategori) = (% Total mention yang netral dari brand / % Total mention yang netral dari kategori) – (% Total mention yang negatif dari brand / % Total mention yang negatif dari kategori)

Social Influence Marketing (SIM)

Social Influence Marketing (SIM) adalah suatu index yang mengukur pengaruh dari suatu brand dalam media sosial. Rumus dari Social Influence Marketing (SIM) adalah sebagai berikut:

SIM SCORE = (% Total mention yang positif dari brand / % Total mention dari kategori) + (% Total mention yang netral dari brand / % Total mention dari kategori) – (% Total mention yang negatif dari brand / % Total mention dari kategori)

Buzz (BZ)

Buzz adalah percakapan yang terjadi atas suatu brand di media sosial

Unique User (UU)

Unique User adalah jumlah orang yang mempercakapkan tentang brand di media sosial, tetapi bukan jumlah percakapannya. Jadi, seseorang yang sama bisa membicarakan brand yang berbeda atau brand yang sama, beberapa kali. Dengan perhitungan ini maka kita bisa menghitung jumlah orang yang mempercakapkan brand atau dikenal dalam media tradisional sebagai “reach”.

Sentiment Index (SI)

Sentiment Index adalah suatu indeks yang mengukur margin perbandingan antara sentimen tiap kandidat dibandingkan dengan keseluruhan kandidat. Sentimen indeks bertujuan mengetahui persepsi langsung konsumen atau konstituen kepada setiap kandidat.

 

 

admin

konsultan strategi yang saat ini focus pada pemasaran online dengan kualitas promosi dua dimensi dan tiga dimensi yang optimal.

Satu tanggapan untuk “Jasa Big Data dalam Strategi Pemasaran

  • Januari 14, 2017 pada 8:53 am
    Permalink

    mengetahui lebih lanjut strategi bisnis 2017 yang memanfaatkan data mining dapat menghubungi PT Adyatmikasakti Nusantara http://adyatmikasakti.com/

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read previous post:
Peran Konsultan Politik dalam Negosiasi Global | Konsultan Digital 2017

Walau telah berjalan setahun lebih, pemberitaan di Republika Online 5 November 2015, menyebutkan bahwa  Pertemuan Jokowi dan Obama Diatur Konsultan.

Close