Strategi Pemasaran Produk dengan Pendekatan Psikologi

Konsultan Strategi Bisnis kini ingin mengedepankan  Strategi Pemasaran Produk untuk meningkatkan belanja online di Indonesia menggunakan Ilmu Psikologi. strategi ini penting sekali mengingat tidak mudah membangun branding hanya dengan jasa SEO murah atau strategi SEO terbaik tanpa dibarengi dengan bagaimana proses transaksional yang membuat customer mau mewujudkan pembelian terhadap suatu produk Perlu diketahui saat ini bahwa Indonesia merupakan 4 kekuatan terbesar pengguna internet di dunia . jadi wajar apabila perlu dikembangkan strategi pemasaran yang lebih jitu untuk mengembangkan bisnis online di tanah air ini.

Strategi Pasar Ibarat Beladiri.

Pada dasarnya ilmu strategi pemasaran produk bisa diibaratkan dengan olahraga bela diri. Dalam ilmu bela diri konsep dasar yang harus dipakai yaitu yang penting lawan bisa terjatuh kalah menyerah,  Apapun itu tekniknya yang terpenting lawan Anda bisa cepat K.O. Kalau teknik yang Anda keluarkan sudah bagus namun msuhnya belum juga K.O. berarti teknik yang Anda gunakan belum bagus. Apa kunci untuk membuat musuh cepat K.O. ? untuk itu kunci penting dari strategi pemasaran produk adalah speed dan power.

Ilmu strategi pemasaran produk tentunya memiliki banyak aliran, namun ilmu yang sipendik bagikan berikut ini merupakan ilmu yang bisa langsung Anda terapkan secara to the point ke market supaya targeting konsumen lebih tetap sasaran.  Bagaiman Cara Menerapkan Strategi Pemasaran Produk Yang Benar?

Ilmu Strategi Pemasaran yang dapat membuat pasar menyerah yaitu dengan konsep  memiliki ciri-ciri berupa memberikan sebuah penawaran yang menarik ( mudah, cepat dan nikmat) dan bisa dipercaya, hingga apabila seseorang tidak membeli produk Anda maka kesannya akan sangat rugi.

Contohnya saja iklan promo ” Bakso + Teh Botol Seharga Rp. 7.000 ” pembeli tentunya akan berpikir bahwa harganya sangat murah, pembeli akan membayangkan teh botol saja sekarang harganya sudah Rp. 3000. Berarti harga baksonya Rp. 4.000,- . Pembeli akan beranggapan harga tersebut murah banget. Padahal apabila kita beli teh botol secara grosiran harganya bisa didapat dengan Rp. 1.700,- saja. Inilah permainan startegi pemasaran produk dengan pendekatan ilmu psikologi.

Ada juga yang trivia mengandalkan ilusi mata beli 2 gratis 1. Kebanyakan orang kecele dimaksudkan beli satu dapat satu lagi. Tapi ini sekedar trik ternyata harus beli dua. Disini paing tidak customer datang tertarik dulu untuk membeli dengan perkiraan, a. customer tetap membeli b. customer pergi berlalu. Tinggal bagaimana cara penjual mampu meyakinkan. Bagaimana dengan penjualan online. Teknik memberikan bonus seperti dibawah ini

Contoh lainnya, ” Beli emas 2 gram berhadiah  mangkok keramik mewah senilai Rp. 40.000,- . Pembeli akan berpikir rugi bila dia tidak membeli emas disini, dapat mangkok keramik mewah  Rp. 40.000 sedangkan emasnya bisa dia jual lagi nantinya. Padahal mangkok  jika kita beli secara grosiran harganya bisa didapat dengan harga dibawah Rp. 10.000,-. Dan apabila pembeli mau menjual lagi emasnya akan dikenakan potongan 10.000,- per gramnya. Strategi pemasaran yang sangat cerdas bukan.. Ilmu Strategi pemasaran alias Ilmu marketing harus menggunakan ilmu psikologi. Mau tahu caranya? Berikut ini ilmu psikologi market yang out the box yang seing terjadi di masyarakat tanpa kita sadari.

 

Anggapan Mahal = Bagus

Supaya harganya terkesan mahal, naikkan harganya lalu kasihlah diskon. Pembeli tentunya akan merasa senang jika bisa mendapatkan barang mahal namun diikuti dengan diskon. Konsumen lebih menyukai membeli kaos dengan harga Rp. 190.000,- dengan diskon 50%, ketimbang membeli kaos dengan harga Rp. 95.000 tanpa ada diskon. Strategi pemasaran ini cocok untuk diterapkan di toko busana, toko perhiasan, souvenir dan cindera mata. Apalagi lokasi tokonya berada di mall atau bandara, jangan ragu kasih harga mahal terus kasih diskon. Atau membeli makanan jepang seharga 150 ribu dengan bundling minuman the hijau green tea… padahal value asli makanannya Cuma 25 ribu saja. Namun perlu tambahan lain seperti  pelayan yang manis diberi pakaian seperti kimono ketimbang hanya menggunakan busana casual. Lalu dekorasi restoran yang menggunakan suasana Jepang ketimbang hanya meja dan bangku saja

Dalam pembuatan diskonnya pun tidak asal-asalan, tentu ada beberapa trik yang perlu diterapkan, Misalnya saja dengan mengikutkan pada event-event tertentu. Contohnya: “Dalam rangka….” atau “Memperingati…. kami berikan diskon….” Jika mendekati lebaran, “Lebaran telah dekat, Baju Baru, Diskon Gede!” Bertepatan pada ulang tahun toko, “Dalam rangka ulang tahun toko ke 5, kami memberikan diskon 60%. Melihat iklan penawaran seperti itu, siapapun akan tertarik untuk mendatangi toko Anda.

Penerapan di Online :

Menjual Barang dengan kemasan mewah dan pengiriman yang eksklusif. Dengan adanya after selling product lainnya dengan diskon khusus membership

 

Adanya Timbal Balik

Berikan lebih dahulu maka Anda akan diberi. Misalkan Anda mempunyai bengkel mobil, Gartiskan ongkos Ganti Oli, maka konsumen akan membeli olinya ditoko Anda. atau misal menawarkan Cek angin ban ,maka bila kurang tambahlah anginnya sebagai free service . Anda harus memperhatikan hal sepele namun memberi kesan lebih bagi konsumen. Ikut-ikutan, yang penting rame dulu. Pernah Anda ikut-ikut sekedar ingin tahu ketika ada orang berkerumun menonton sesuatu ?

Penerapan di Online :

Menjual Barang dengan  memberikan fasilitas gratis atau dikirimkan voucher yang memberikan special price barang yang terkait. Seperti beli kamera dapat potongan 50% tripod

 

Ikut-ikutan lihat barang di Mall yang dikerumunin orang ?

Ikut-ikutan memperlambat jalan melihat kerumunan orang lagi nonton mobil kecemplung selokan ? Itulah sifat manusia Indonesia, Want to know aja atau …….. ingin tahu saja.  Jadi kalau Anda mau launcing harus rame. Saat ini banyak jasa-jasa mendatangkan keramaian atau crowd management. Biasanya untuk acara-acara launching atau bahkan saat pembukaan restoran baru.  Ingat anggapan restoran ramai biasanya pasti masakannya enak. Kalo sepi, wah mungkin ga enak, mahal dan lain sebagainya.

Penerapan di Online :

Menjual Barang dengan dibantu ulasan di medsos dengan mendatangkan pengunjung melalui jasa fanpage atau penyedia follower. Tapi yang terpenting produk yang dijual harus tepat keywordnya agar follower yang didatangkan juga menjadi pembeli.

Itulah tadi Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Ilmu Psikologi. Anda pun bisa menerapkannya di lokasi tempat usaha Anda.  Ulasan ini sebagian disadur melalui web Sipendik yang bersumber dari Sumber: forum kaskus dengan perluasan ulasan yang didasarkan analisa konsultan strategi pemasaran

pencarian dari google:

admin

konsultan strategi yang saat ini focus pada pemasaran online dengan kualitas promosi dua dimensi dan tiga dimensi yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *